KECERDASAN MANUSIA

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan segenap potensi, walaupun kadar potensi yang dimiliki berbeda – beda. Potensi yang dimiliki oleh orang tersebut dapat dimanfaatkan untuk meraih prestasi sekaligus meminimalkan kelemahan yang dimiliki. Pada tahun 1983, Profesor Howard Gardner dari Universitas Harvard mengemukakan teori tentang kacerdasan majemuk atau Multiple Intelligence (MI). Menurutnya, kecerdasan merupakan potensi yang terdistribusi ke dalam delapan kapasitas sekaligus.

Banyak pihak yang menganggap kecerdasan itu hanya satu saja. Dengan adanya teori kecerdasan majemuk ini seseorang selalu dinilai utuh, sehingga tidak ada orang yang tidak berarti. Teori ini menyatakan pula bahwa dalam diri seseorang ada satu atau beberapa kecerdasan yang dimiliki. Setiap potensi kecerdasan itu dapat dipadukan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Potensi yang dimiliki anak harus diasah sejak dini, sebab potensi tersebut akan menghilang jika usia anak lebih dari 18 tahun. Agar dapat melihat dan memahami kecerdasan apa yang dimiliki anak, berikut adalah beberapa kecerdasan majemuk menurut Gardned.

1. Kecerdasan Matematika

Kecerdasan ini sering kali dikaitkan dengan Scientific Thinking (berpikir Ilmiah). Seseorang yang masuk dalam kategori ini memiliki kemampuan mengenali bentuk atau pola, memahami symbol abstrak, serta mampu memberikan penjelasan secara deduktif dan induktif. Tingginya potensi ini membantu seseorang dalam membuat pertimbangan dan mencari solusi.

2. Kecerdasan Bahasa

Seseorang yang masuk dalam kategori cerdas Linguistik atau bahasa memiliki kemampuan memproduksi bahasa, baik secara lisan atau tulisan. Ia juga peka dalam penggunaan bentuk irama dan kata – kata yang berbeda. Potensi ini akan membantu seseorang dalam menyampaikan ide, melakukan persuasi, dan lebih percaya diri untuk berekspresi.

3. Kecerdasan Intrapersonal

Jika seseorang memiliki kemampuan untuk memahami perasaan, ide, tujuan pribadi, refleksi diri, dan mampu melihat atau mengamati diri sendiri seperti orang lain mengamati dirinya, itu artinya ia memiliki kecerdasan intrapersonal. Potensi ini akan membantu seseorang berinteraksi dengan dirinya sendiri.

4. Kecerdasan Interpersonal

Kemampuan untuk memahami orang lain, memperhatikan perbedaan antar individu, kemampuan bekerja sama, serta kemampuan untuk mengembangkan empati merupakan kecerdasan interpersonalyang dimiliki seseorang. Ini akan membantunya untuk mudah beradaptasi dengan orang dan lingkungan di sekelilingnya.

5. Kecerdasan Kinestetis

Kecerdasan ini menampilkan seseorang yang memiliki kemampuan untuk menggunakan keterampilan motorik kasar dan halus. Keterampilan itulah yang digunakan untuk mengekspresikan emosi. Dengan kata lain, ia lebih bisa menggunakan bahasa tubuh dalam mengungkapkan emosinya.

6. Kecerdasan Ruang Visual

Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seorang seniman khususnya pelukis atau pematung. Mereka memiliki kemampuan untuk membayangkan bentuk sebuah benda. Dari kemampuannya membayangkan benda itulah akhirnya ia memvisualisasikannya secara abstrak atau konkret dalam bentuk media.

7. Kecerdasan Musikal

Pemusik pastilah memiliki kecerdasan ini. Ia memiliki kemampuan dalam menentukan nada, irama, serta peka terhadap suara di sekitarnya. Kepekaan itu tidak hanyapada suatu instrument music tetapi juga pada suara manusia.

8. Kecerdasan Naturalis

Seseorang yang termasuk dalam kategori ini memiliki kemampuan yang berhubungan dengan pemahaman akan alam sekitar. Ia cinta, tertarik, dan terikat dengan alam dan segala fenomenanya.

Published in: on April 10, 2010 at 5:34 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://tsubas.wordpress.com/2010/04/10/kecerdasan-manusia/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: